Friday, July 20, 2012

KETENTUAN KELULUSAN RATAM BAGI MAHASISWA BARU FOK TAHUN 2012



1.      Sertifikat/Piagam RATAM merupakan piagam yang wajib dimiliki oleh mahasiswa FOK karena merupakan salah satu syarat dalam mengikuti ujian skripsi atau tugas akhir kuliah.

2.      Mahasiswa baru FOK dinyatakan lulus dalam ramah tamah apabila memenuhi nilai komulatif minimal 85 yang di nilai oleh sie kesekretariatan.


3.      Bagi mahasiswa yang nilainya belum memenuhi nilai kelulusan 85 / nilai komulatifnya kurang dari 85 maka mahasiswa tersebut dinyatakan tidak lulus dalam RATAM FOK pada tahun 2012 (wajib mengulang pada tahun depan).

4.      Nilai tersebut diperoleh dari berbagai aspek seperti :
a.       Aspek Kehadiran / Mengikuti RATAM
b.      Aspek Tugas
c.       Aspek Prilaku/Kedisiplinan/Keseriusan dalam mengikuti RATAM
d.      Aspek Jumlah Tanda Tangan yang diperoleh
e.       Aspek Keutuhan aksesoris yang dibawa oleh mahasiswa baru.

5.      Bobot – Bobot nilai dalam setiap aspeknya.

a.      ASPEK KEHADIRAN :
·         Setiap 1 hari kehadiran penuh peserta dalam mengikuti RATAM FOK tahun 2011 maka Mahasiswa tersebut diberikan nilai 100.
·         Apabila Mahasiswa bersangkutan tidak mengikuti RATAM dengan alasan Sakit atau lain sebagainya maka setiap 1 jam tidak mengikuti ratam, nilai kehadirannya akan dikurangi 5 poin. Jadi dapat dikatakan 1 jam tidak mengikuti RATAM (Dengan alasan apapun) maka peserta tersebut telah kehilangan nilai 5.  (Jika lebih dari 1 jam maka pengurangan nilai akan diakumulasikan)
·         Nilai kehadiran tiap harinya akan dijumlahkan dan dibagi 3 (Karena RATAM dilaksanakan selama 3 hari). Dan dari hasil tersebut akan diperoleh nilai peserta dari Aspek Kehadiran.

b.      ASPEK TUGAS :
·         Nilai – nilai dalam setiap tugas yang diberikan oleh peserta RATAM  memiliki bobot nilai sebagai berikut:
-          Sangat baik     : 100
-          Baik                 : 50
-          Cukup             : 25
-          Kurang            : 5
·         Setiap tugas yang dibuat oleh peserta RATAM akan diperiksa oleh sie kesekretariatan dan akan diberikan nilai pada setiap tugasnya.
·         Bagi peserta yang tidak membuat tugas yang diberikan maka nilai MABA dalam tugas tersebut adalah 0.
·         Semua jumlah nilai tugas nantinya akan dibagi jumlah tugas yang diberikan pada maba dan nilai tersebut akan menjadi nilai dari aspek tugas.

c.       ASPEK Perilaku/Kedisiplinan/Keseriusan :
·         Untuk  nilai perilaku apabila peserta  mengikuti seluruh arahan panitia ataupun mengikuti kegiatan ratam dengan baik maka nilai yang diperoleh oleh peserta tersebut dalam 1 harinya adalah 100.
·         Apabila terdapat tindakan ketidakdisiplinan peserta kepada panitia maka pengurangan nilai terhadap peserta tergantung pada tingkat pelanggaran yang dilakukan oleh peserta tersebut. Pelanggaran Ringan akan dikurang 10 poin. Pelanggaran Sedang akan dikurangi 30 Poin, pelanggaran berat akan dikurangi 50 poin dan untuk pelanggaran yang sangat berat akan dikurangi 100 poin.
·         Jumlah nilai Prilaku peserta nantinya akan diakumulasikan dan dibagi 3 untuk memperoleh nnilai peserta dalam Aspek Prilaku/Kedisiplinan/Keseriusan.



d.       ASPEK Jumlah Tanda Tangan yang Diperoleh :
·         Jumlah Tanda tangan yang wajib diperoleh oleh peserta adalah Minimal 30 Tanda Tangan Panitia dan harus mengenal panitia tersebut.
·         Mahasiswa Baru Wajib memperoleh tanda tangan :
a.       Ketua SEMA FOK
b.      Ketua HMJ dimasing – masing Jurusan.
c.       Ketua PANITIA RATAM

·         Nilai Jumlah tanda tangan adalah :
a. Apabila tidak mendapatkan tanda tangan yang diwajibkan (Ketua SEMA,HMJ,Ketua Panitia) maka bobot nilai yang dikurangi adalah sebanyak 50 poin.
b.  Apabila peserta memperoleh semua tanda tangan yang diwajibkan (Ketua SEMA, HMJ, Ketua Panitia) dan memperoleh 30  tanda tangan panitia. Maka peserta tersebut memperoleh nilai 100.

e.       ASPEK Keutuhan aksesoris yang dibawa Peserta RATAM.
·         Nilai keutuhan aksesoris yang dipakai dalam RATAM oleh peserta dalam pelaksanaan RATAM akan selalu diperiksa setiap harinya. Apabila aksesoris yang dibawa lengkap tanpa ada yang cacat maka nilai yang diperoleh oleh peserta adalah 100.
·         Apabila terdapat kekurangan aksesoris yang dipakai oleh peserta maka nilai akan dikurangi 10 poin untuk setiap 1 buah kekurangann aksesoris yang dipakai peserta.
·         Pengecualian Apabila Telur yang dibawa peserta pecah maka pengurangan nilai terhadap peserta tersebut adalah 50 Poin.
·         Apabila Telur yang dibawa oleh peserta hilang maka pengurangan nilai yang diterima oleh peserta bersangkutan adalah 80 Poin.
Untuk memperoleh nilai komulatif, setiap Peserta maka nilai akhir disetiap aspeknya dijumlahkan dan hasil tersebut dibagikan 5. Maka diperolehlah nilai komulatif Akhir MABA yang nantinya dipakai sebagai Pedoman sebagai Penentu Peserta tersebut dinyatakan Lulus atau tidak dalam RATAM FOK tahun 2012. 



No comments:

Post a Comment