Wednesday, May 18, 2011

KEGIATAN OUTBOUND SENAT MAHASISWA FAKULTAS OLAHRAGA DAN KESEHATAN, UNDIKSHA TAHUN 2011


KEGIATAN OUTBOUND yang dilaksanakan pada 10 April 2011 merupakan program kerja yang sudah berjalan dari bidang I (Bidang penalaran dan Keilmuan) Senat Mahasiswa Fakultas Olahraga dan Kesehatan UNDIKSHA dengan tujuan; Memperoleh kesenangan yang bernilai positif yang dapat memberikan penyembuhan, seperti stres, keteganggan dan lain-lain. Menjalin keakraban dan kerja sama agar dapat melaksanakan program kerja Organisasi Mahasiswa di lingkungan FOK dengan baik. Meningkatkan kemampuan meminpin yang lebih baik, baik meminpin diri sendiri maupun orang lain dalam berogainsasi dan lingkungan sekitar. Selain itu juga kegiatan ini dilakukan diluar kampush yang tepatnya dilaksanakan di kebun raya bedugul dengan tujuan untuk mengajar peserta untuk menyegarkan otak dan menghilangkan kepenatan dan beban pikiran selama mengikuti perkuliahan maupun yang lainnya.

Dibawah ini jalannya kegiatan Outbond tersebut beserta foto-foto kegiatan tersebut..!!
Selamat Membaca..!!


Kegiatan ini dilaksanakan di Kebun Raya Eka Karya Bedugul


Peserta dalam kegiatan ini adalah perwakilan mahasiswa dari masing – masing kelas ditiap jurusan dilingkungan FOK yang mencakup semester II, IV,dan VI serta Pengurus SEMA FOK periode 2011/2012.


Disamping itu pula terdapat undangan – undangan yang menghadiri acara tersebut diantaranya:  Ketua jurusan dilingkungan FOK, Pembimbing HMJ dilingkungan FOK, staff dosen dilingkungan FOK, ketua MPM, ketua BEM ,dan perwakilan dari SEMA FIP UNDIKSHA.


Kegiatan ini diawali dengan doa bersama yang dipimpin oleh Bapak Dekan FOK yang pada kesempatan tersebut diwakili oleh pembimbing SEMA FOK.




Kemudian dilanjutkan dengan laporan dari ketua panitia kegiatan ini


dan sambutan oleh Bapak Dekan Fakultas Olahraga dan Kesehatan UNDIKSHA yang dalam kesempatan tersebut diwakili oleh Bapak Pembantu Dekan I FOK sekaligus membuka acara tersebut secara resmi.



setelah pembukaan selesai dilanjutkan dengan pembagian kelompok  oleh instruktur yang berasal Diklat Provinsi Bali


dengan memilih seorang ketua kelompok dimasing – masing kelompok dan masing – masing ketua kelompok berkompetisi untuk mengambil da memilih bendera bendera yang berisi nama kelompoknya. Bendera apa yang didapat, itulah nama kelompoknya. Serta setiap kelompok harus membuat yel – yel kelompoknya.


Ada 6 kelompok yang masing – masing anggotanya berjumlah 11 sampai 12 orang termasuk ketua kelompok. Adapun nama – nama kelompok tersebut yaitu : Laut, Lumba – Lumba, Api, Mawar, Harimau dam Kijang. Setelah pembagian kelompok, dilanjutkan dengan acara kudapan yang dimbil oleh masing – masing ketua kelompok sesuai dengan jumlah anggota kelompoknya masing – masing.


Beberapa menit kemudian kegiatan dimulai yang diawali dengan peregangan dan kegiatan Outbound dilaksanakan dalam bentuk permainan yang telah ditentukan dan dikordinir oleh instruktur Outbound


Namun sebelum permainan dimulai, masing – masing ketua kelompok diberikan pengarahan kepada instruktur tentang permainan – permainan yang akan dimainkan untuk disampaikan kepada anggota kelompoknya  masing – masing

Terdapat 9 permainan yang dimainkan dalam kegiatan outbond kali ini

Permainan Pertama yaitu Lari Menggunakan Bakiak

Dalam permainan ini masing – masing kelompok harus berjalan atau berlari menggunakan bakiak yang anggotaya terdiri dari 6 orang diatas bakiak dengan melewati rintangan berupa tali. Apabila kelompok tersebut tidak dapat melewati tali atau menginjak tali tersebut, maka permainan diulang dari start. Setelah gelombang pertama dari masing – masing kelompok sampai di finish, maka salah satu anggota dari gelombang pertama berlari sambal membawa bakiak menyerahkannya ke kelompoknya yaitu gelombang kedua dari tiap kelompok dan gelombang yang kedua dari kelompok tersebut menyusul melakukan permainan yang sama hingga finish. Kelompok yang paling cepat sampai finish, kelompok itulah pemenangnya.
Makna yang kita ambil dari permainan ini yakni kebersamaan, kekompakkan, semangat, pengendalian emosi, loyalitas terhadap pemimpin dan sebagai orang yang dipimpin, strategi untuk mencapai sesuatu dengan cepat.





Permainan yang ke -2 yaitu permainan Bola Kola Kordinasi 

Dalam permainan ini, masing – masing kelompok berbaris 1 banjar dibelakng garis start kearah belakang. Kemudian barisan paling depan menyalurkan bola lewat bawah (kaki kanggkang) ke rekanya yang dibelakang lewat untuk terus disalurkan sampai pada garis finish bola dibawa dan dimasukkan dalam keranjang yang disesuaikan dengan tempat bendera ditaruh di dekatnya oleh rekan/anggota yang lebih dulu sampai pada garis finish. Apabila bola terjatuh di pertengahan, maka permainan akan diulang dari garis start. Kelompok yang menang adalah kelompok yang berhasil dengan cepat membawa bola ke keranjang.
Makna yang dapat diambil dalam permainan ini yaitu kebersamaan, kekompakkan, kedisiplinan. Seorang pemimpin mampu mendelegasikan anggotanya dan sebagai anggota yang dipimpin harus bisa menjalankan tugas dengan baik sesuai dengan perintah pemimpinnya.






Permainan yang ke-3 yaitu permainan Lokomotif


Dalam permainan ini tiap kelompok harus berbaris dan melakukan jalan jongkok secara dengan langkah yang sama berjalan kemudian mengitari benderanya dan kembali ke awal dengan anggota yang berada paling depan sebagai lokomotornya. Kelompok apa yang pertama sampai di finish dengan barisan yang rapi dan langkah yang kompak, maka itulah yang menang.
Makna yang didapat dalam permainan ini adalah kebersamaan, kekompakan, startegi dalam melakukan sesuatu, daya tahan yang kuat dan untuk mencapai suatu pekerjaan yang baik, disana orang yang dibutuhkan berada paling depan adalah orang yang mampu dengan cepat, lincah dan gesit sebagai seorang pemimpin yang handal.


Permainan yang ke-4 adalah Membuat Garis Lurus dengan apa yang ada dalam tubuh kita

Dalam permainan ini semua kelompok harus membuat satu buah garis lurus sepanjang – panjangnya dengan menggunakan benda – benda yang kita miliki dan kita pakai ataupun tubuh kita sendiri. Diberikan waktu 10 menit untuk membuat garis lurus sepanjang – panjangnya. Kelompok siapa yang membuat garis lurus paling panjang denganwaktu yang cepat (dan atau tidak lebih dari 10 menit), maka kelompok itulah yang menang.
Makna yang didapat dalapermainan ini yaitu kecepatan dan sigap menghadapi suatu situasi atau kondisi. Dalam hal apapun kita harus bisa menjaga dan menyelamatkan diri. Serta menguji kekompakan dalam team yang nantinya dapat berpengaruh didalam kehidupan sehari-hari.




Permainan yang ke-5 adalah Transformator
Dalam permainan ini, setiap kelompok harus memindahkan air yang ada di dalam baskom ke botol yang telah disediakan denga menggunakan mangkok yang dikat dengan tali. Masing – masing kelompok memegang satu ujung tali yang ada tandanya dengan satu tangan. Salah seorang memberikan aba- aba atau komando dalam melaksanakannya. Kelompok mana yang berhasil memenuhi botol tersebut dengan air dengan waktu yang cepat, maka kelompok itulah yang menang.

Makna yang didapat dalam permainan ini yaitu konsentrasi, kebersamaan, kekompakan, kedisiplinan, kesabaran, ketelitia, pengendalian diri dan emosi, loyal terhadap pemimpin dan pemimpin bisa memberikan komando dengan baik sesuai keadaan serta kita harus senantiasa mampu menjalankan tugas dengan strategi dan penuh kehati – hatian. 




Permainan yang ke -6 adalah Komando
Dalam permainan ini peserta harus bisa memasukkan pensil yang sudah diikatkan tali dan tali tersebut sudah dirangkai.  Masing – masing anggota peserta mengikatkan tali yang dirangkaikan kepinggangnya. Satu tali untuk satu orang. Kecuali ketua kelompoknya atau yang memberi komando karena pemimpin tersebut akan memberi petunjuk dan arahan atau komando kepada anggotanya dalam permainan itu. Setelah diikatkan dipinggang dimana posisi peserta harus berbalik badan dan tidak boleh melihat botol. Komandanya akan memberi komando agar pensil tersebut bias masuk kedalam botol itu. Kelompok mana yang paling cepat bisamemasukkan pensil tersebut kedalam botol, maka kelompok itulah yang menang.

Makna yang didapat dalam permainan ini adalah suatu kebersamaan, kekompakan, kesabaran, kedisiplinan loyal terhadap pemimpin. Pemimpin dituntut untuk mampu mengarahkan dan memberi komando yang benar atau mengkordinir dengan baik kepada anggotanya dengan cara atau strategi tertentu agar apa yang diinginkan bias tercapai begitu pula sebaliknya sebagai orang yang dipimpin kita harus bias mendengarkan dengan baik dan menjalankan perintah komandan atau pemimpinnya. Sehingga timbul koordinasi yang baik. 



 
Permainan yang ke -7 ialah Permainan Electrik pen
Dalam permainan ini tiap kelompok harus mampu melewati kolom yang sudah tersedia. Satu kolom dilewati oleh satu orang. Dalam kolom yang dibuat sedemikian rupa terdapat lonceng kecil. Apabila peserta menyentuh tali, maka lonceng itu akan berbunyi dan perserta diaangap gugur. (diibaratkan bila seorang menyentuh tali tersebut aka tersengat listrik dan mati). Kelompok mana yang dapat denga cepat melewati kolom tersebut tanpa ada yang gugur maka kelompok itulah yang menang.

Makna dari permainan ini yaitu startegi, saling tolong menolong, kehatia – hatian. Dalam suatu organisasi, terdapat jabatan yang dimiliki oleh seseorang. Satu jabatan hanya bias diduduki oleh satu orang. Dalam kita menduduki jabatan dalam suatu organisasi harus memiliki strategi memimpin, toleran dan saling menolong sesama anggotanya dan dibutuhka kehatia – hatian. 




Permainan yang ke-8 adalah Mengurai Benang Kusut (MBK)
Dalam permainan ini setiap kelompok harus mengurai benang kusut yang diibaratkan dengan lilitan tangan yang tidak karuan agar benang tersebut terurai dengan rapi yaitu tangan tersebut harus kembali ke bentuk semula. Masing – masing peserta harus mengulurkan satu tangannya kedepan dan menyatu dengant angan rekan yang ada di depannya sehingga tangan pasangan satu dengan yang lainnya menumpuk. Kemudian tangan yang satunya mencari pasangan tangan rekan yang satunya untuk disatukan sehingga terjadi saling tindih tangan (ibrat benang yang kusut). Setelah itu tangan tersebut harus kembali ke posisi semula dengan memutar tangan, memutar badan atau lainnya tanpa putus. (ibarat mengurai benang yang kusut agar kembali seperti semula). Kelompok mana yang dengan cepat bisa menyelesaikan permainan itu, kelompok itulah yang menang.
Makna yang didapat dalam permainan ini yaitu konsentrasi, strategi, ketelitian, kordinasi yang baik.






Permainan yang ke-9 yang sekaligus permainan yang terakhir adalah Air Keramat (Memindahkan Air lewat kepala) 
Dalam permaina ini, peserta berbaris sesuai dengan kelompoknya dan duduk di tempat yang sudah disediakan. Anggota yang duduk paling depan mengambil air di dalam ember yang berada did epannya dengan mangkok yang ada bocorannya. Kemudian menstransfer mangkok tersebut ke rekan yang ada di belakangnya. Semua peserta harus berusaha supaya air tidak habis keluar dengan menutup bolongan – bolongan mangkok tersebut. Anggota yang duduk paling akhir dekat dengan ember yang kosong mengisi air tersebut dengan menumpahkan air dalam mangkok itu kedalam ember yang kosong melewati kepalanya dan tidak boleh melihat ke belakang.  Kelompok mana yang paling cepat memenuhi ember yang kosong itu dengan air, maka kelompok itulah yang menang.
Makna yang didapat dalam permainan ini yaitu kekompakan, strategi, kerjasama serta ketelitian dalam menutupi lobang-lobang tang terdapat dalam mangkok tersebut.




Dari kesembilan permainan tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa kegiatan Outbout dalam bentuk permainan ini adalah salah satu kegiatan pengembangan Softskill. Dalam permainan ini dibutuhkan suatu loyalitas yang tinggi baik menjadi seorang pemimpin maupun orang yang dipimpin,. kerjasama, kekompakan, solidaritas, kedisiplinan, konsentrasi, toleransi, kordinasi, kepercayaan, startegi daya tahan serta keterampilan baik secara fisik maupun berhubungan dengan orang lain. sangat dibutuhkan dalam menjalankan tugas dan mencapai suatu tujuan. Dalam kaitanya seorang pemimpin dengan manusia sebagai makhluk sosial bahwa seorang pemimpin dalam melaksanakan suatu kegiatan itu membutuhkan orang lain yang tidak lain adalah anggotanya sendiri. Maka antar seorang pemimpin dengan anggotanya harus saling menghargai, membantu satu sama lain serta berkordinasi dengan baik. Kedisiplinan adalah kunci dari kesuksesan. Koordinasi yang baik adalah awal dari hubungan yang harmonis. Kegiatan Outbound dalam bentuk permainan ini tentunya tidak telepas dari unsur – unsur yang terkandung dalam olahraga seperti rekreasi (kesenangan) dan  kesegaran jasmani.
Semoga dalam tahun berikutnya kegiatan ini dapat dilaksanakan kembali…!!
FOK Jaya…!!



No comments:

Post a Comment