Thursday, November 10, 2011

RAMAH TAMAH ( RATAM ) Fakultas Olahraga dan Kesehatan, Tahun 2011



Apakah Itu Ratam?
Banyak Mahasiswa baru beranggapan bahwa ratam merupakan suatu ancaman besar bagi diri mereka sehingga mereka merasa takut. Mereka berpikir ratam merupakan suatu hal yang menakutkan yaitu ajang penyiksaan bagi mahasiswa baru serta menerima kekejaman serta balas dendam dari panitia dan senior. Hal tersebut mungkin dikarenakan mereka telah mendengar bisik-bisik dari luar tentang ratam.

Mari kita tinjau dengan seksama apa itu ratam?
Ratam merupakan kependekan dari ramah tamah yang terdiri dari dua suku kata, yaitu ramah dan tamah. Dari kata ramah tamah, seharusnya dapat kita ketahui dan simpulan apa itu ratam. Ratam merupakan suatu kegiatan yang berguna untuk mengakrabkan semua yang terlibat di dalamnya, ajang untuk saling mengenal satu sama lain. Bukan seperti apa yang telah dipikirkan oleh mahasiswa baru mengenai bagaimana dan apa itu ratam.



Terlepas dari semua pikiran tersebut, setelah terlaksananya ratam Fakultas Olahraga dan Kesehatan,  Mahasiswa baru menyadari makna ratam yang sebenarnya. Bahwa ratam tidak seperti apa yang mereka pikirkan sebelumnya. Namun bagi mereka, ratam adalah kegiatan yang menyenangkan, menggembirakan dan sangat bermakna walaupun sedikit melelahkan, bahkan ada yang ingin mengulang masa-masa ratam kembali. Karena ratam akan terasa sangat indah dan terkenang selamanya apabila diikuti  dengan sungguh-sungguh dan ikhlas. Akan benar-benar terasa suasana kekeluargaan yang sangat erat, dimana disana kita belajar untuk dapat saling menghargai, menghormati satu sama lain. Akan menimbulkan suatu rasa yang akan membuat kita selalu ingat dengan ratam, dimana semua rasa tumbuh menjadi satu kesatuan yang tak akan pernah terlupa. Senang, sedih, gembira, tangis, tawa, canda, marah, kesal menjadi sebuah rasa yang tak dapat diartikan dengan kata-kata dan akan selalu teringat dan selamanya akan terkenang dihati kita. Dimana segala sesuatunya kita nikmati bersama-sama dan apa adanya. Namun jika diikuti  dengan setengah-setengah dan kurang ikhlas, apapun yang kita lakukan akan menjadi beban bagi kita termasuk ratam. Diharapkan dengan dilaksanakannya ratam, kita dapat lebih meningkatkan rasa kekeluargaan, kebersamaan, tanggung  jawab dan sportivitas antar civitas akademika Fakultas Olahraga dan kesehatan pada khususnya dan Universitas Pendidikan Ganesha pada umumnya dengan saling menghormati dan menghargai satu sama lainnya  karena kita semua adalah satu keluarga besar Fakultas Olahraga dan Kesehatan.
Ratam memberikan suatu pengalaman dan pelajaran berharga untuk kita  mengenai banyak hal yang akan sangat berguna dalam kehidupan kita baik sekarang atau nanti di kemudian hari untuk mencapai kesuksesan. Menjadikan kita sebagai orang yang bertanggungjawab, belajar mandiri, belajar menjalin dan membina hubungn sosial yang baik, belajar untuk saling menghargai dan menghormati, mampu memelihara kerjasama, perstuan dan kesatuan.

RATAM FOK Tahun 2011
  


Seperti halnya yang telah kita ketahui dengan seksama, ratam  merupakan acara ramah tamah yang diselenggarakan oleh Senat Mahasiswa Fakultas Olahraga dan Kesehatan tiap tahunnya dengan tujuan Mempercepat Proses adaptasi mahasiswa baru terhadap situasi di fakultas olahraga dan kesehatan serta meningkatkan rasa kekeluargaan, kebersamaan,  tanggung  jawab dan sportivitas antar civitas Fakultas Olahraga dan Kesehatan pada khususnya dan Unuversitas Pendidikan Ganesha pada umumnya. Dimana  Dalam kegiatan tersebut terjadi suatu interaksi antar mahasiswa baru dengan mahasiswa baru lainnya, mahasiswa baru dengan panitia, senior maupun  dosen. Interaksi yang dimaksudkan adalah saling mengenal satu sama lainnya.





Ratam  Fakultas Olahraga dan Kesehatan tahun 2011 yang dilaksanakan pada tanggal 21 Agustus 2010 sampai 23 Agustus 2011 di bumi perkemahan Margarana  diikuti oleh 247 orang peserta dan  90 orang panitia. Selama tiga hari dua malam, para peserta melaksanakan berbagai kegiatan yang telah disusun oleh panitia yang bersifat sangat mendidik baik dari segi fisik maupun mental, guna merupakan bekal  dikemudian harinya. 

  Acara diawali dengan upacara pembukaan pada tanggal 21 Agustus 2011 yang di pimpin dan dibuka langsung oleh Dekan Fakultas Olahraga dan Kesehatan. Namun sebelum upacara pembukaan berlangsung, para peserta terlebih dahulu di kumpulkan guna untuk memeriksa peralatan dan perlengkapan pribadi maupun kelompok yang telah ditentukan panitia. Setelah upacara pembukaan, peserta melaksanakan sarapan bersama. Setelah itu pembagian transportasi dan dilanjutkan denganpemberangkatan ke lokasi Ramah Tamah.





Selama kegiatan ramah tamah mahasiswa baru (MABA) diberikan banyak didikan – didikan dan pelajaran yang nantinya akan sangat berarti dalam melaksanakan perkuliahan di Fakultas Olahraga dan Kesehatan seperti Pemberian Materi tentang HIV/AIDS, Kegiatan Out Bound, Penjelajahan sepanjang 3 km disekitar lokasi kegiatan yang melibatkan seluruh peserta, panitia maupun dosen dan banyak kegiatan-kegiatan lainnya.



Acara puncak ratam yaitu malam keakraban yang merupakan malam terakhir dalam kegiatan ratam, dilaksanakan pada tanggal 23 Agustus 2011 mulai pukul 19.30 wita yang dimana dalam acara puncak tersebut menampilkan Spontanitas dari MABA,Panitia Maupun Dosen yang berkesempatan hadir dalam kegiatan tersebut, serta terdapat juga kegiatan lainnya seperti pembacaan surat, penyerahan hadiah dan acara terakhir adalah pengakraban yang dimana dilakukan jabat tangan antara maba, panitia, dengan dosen yang hadir yang bertujuan untuk mempersatukan jiwa kita menjadi satu yaitu keluarga besar fakultas olahraga dan kesehatan, Universitas Pendidikan Ganesha.





Semoga dengan dilaksanakannya RATAM tahun 2011 ini mahasiswa baru angkatan 2011 dapat lebih cepat mengenal lingkungan di Fakultas Olahraga dan Kesehatan.
Sampai Berjumpa pada RATAM tahun depan..!!
FOK JAYA...!!

No comments:

Post a Comment